Cara membuat Polygon dengan Autocad

Perintah Kerja Polygon Di autocad

Selamat sore teman - teman semuanya. Pada sore hari ini kita akan belajar gambar AutoCAD menggunakan perintah Polygon.

Polygon merupakan perintah untuk membuat gambar bangun datar dengan sudut yang banyak. mulai dari 3 sampai 1024 sudut. nah, khusus untuk bangun datar segi enam atau hexagon yang dibuat dengan perintah polygon "inscribed in circle" panjang sisinya sesuai dengan radius yang kita masukan.tetapi, jika kita memilih "Circumscribed In Cirle" ukuran panjang sisinya tidak akan sesuai dengan radius yang kita masukan. terdapat dua pilihan saat menggunakan perintah autocad polygon. yaitu : inscribed in circle dan circumscribed in circle. Sekarang kita akan membahas perbedaan yang tampak secara kasat mata antara Inscribed in circle dan Circumscribed in circle.

Bangun segi enam yang berada disebelah kiri merupakan bangun segi enam yang dibuat mengunakan "Inscribed In Circle" dan yang disebelah kanan menggunakan "Circumscribed In Circle

shortcut Polygon Autocad


 1. Incribed in circle
 
gambar autocad 2 dimensi
Perbedaan yang pertama. jika kita memilih Inscribed In Circle dalam membuat polygon. maka, saat kita menentukan radius bangun datar tersebut garis putus - putusnya mengarah ke titik sudut bangun datar tersebut.


Tutorial membuat Circle / Lingkaran di Autocad











Tutorial membuat Polygon
Perbedaan kedua. jika kita buat bangun segi enam atau hexagon dengan radius 100 menggunakan perintah polygon. maka, jika dibuat sebuah lingkaran dengan mengggunakan radius dan titik pusat yang sama, lingkaran tersebut akan berada diluar bangun segi enam yang telah dibuat dan masing - masing titik sudut segi enam akan menyentuh bagian dalam lingkaran tersebut dan sisi - sisi bangun segi enam tersebut panjangnya sama dengan radius yang ditentukan.





 2. Circumscribed In Circle

dasar belajar autocad
Perbedaan yang pertama. jika kita memilih Circumscribed In Circle dalam membuat polygon. maka, saat kita menentukan radius bangun datar tersebut garis putus - putusnya mengarah ke sisi bagun datar tersebut.
belajar cepat autocad
 Perbedaan yang kedua. jika kita buat bangun datar segi enam atau hexagon dengan radius 100 menggunakan perintah polygon. maka, jika dibuat sebuah lingkaran dengan menggunakan radius dan titik pusat yang sama, lingkaran tersebut akan berada didalam bangun segi enam yang telah dibuat dan masing - masing sisi bangun segi enam tersebut akan menyentuh bagian luar lingkaran dan sisi - sisi segi enam tersebut tidak akan sama dengan radius yang telah ditentukan.





Sudah jelas perbedaannya? jika sudah. kita sekarang akan membahas cara menggunakan perintah Polygon pada AutoCAD. Langkah - langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik icon polygon pada toolbar draw
  2. atau dengan shortcut (POL) lalu enter
  3. tentukan titik pusatnya
  4. lalu pilih inscribed in circle atau circumscribed in circle(sebelumnya sudah dijelaskan perbedaan antara incribed in circle atau circumscribed in circle)
  5. tentukan radius yang kita inginkan dengan cara memasukan angka
  6. lalu tekan enter
terimakasih telah mengunjungi blog kami.. selamat mencoba


Posting Komentar untuk "Cara membuat Polygon dengan Autocad"